• Breaking News

    tempat berbagi ilmu komputer dari berbagai sumber yang kami percaya

    Sunday 29 January 2017

    Model OSI Layer

    Penjelasan tentang 7 OSI lapisan/Layer, yaitu

    7
    Aplikas
    6
    Presentasi
    5
    Session
    4
    Transport
    3
    Network
    2
    Data Link
    1
    Fisik

    fungsi dari masing-masing layer dapat dijelaskan sebagai berikut :
    1. lapisan fisik (Physical Layer), berfungsi dalam pengiriman raw bit ke kanal komunikasi. masalh-masalh yang harus diperhatikan adalah masalah desain ( jika dikirim bit 1 harus diartikan bit 1 disisi penerima ), masalah desain ini ditemukan ada hubungannya degan mekanika, kelistrikan, prosedur interface, dan medium transmisi fisik yang berda dibawah lapisan fisik.
    2. lapisan jalur data (Data Link Layer), tugass utamnya sebagai fasilitas transmisi raw data dan mentranfsormasikan data tersebut ke saluran yang bebas dari kesalahn transmisi. dimungkinkan melakukan pemecahan data input menjadi jumlah data frame (biasanya jumlahnya ratusan atau ribuan biyte). selanjutnya frame tersebut dikirim secara perurutan, dan memperoses acknowledgement frame yang dikirimkan kembali oleh penerima. penambahan  bit-bit khusus diawal dan akhir data guna pengenalan frame merupakan bagian pekerjaan. jika terjadi noise dan frame rusak frame dikirim ulang, tapi akibatnya akan terjadi duplikasi frame jika acknoeledgement frame hilang.
    3. lapisan jaringan (network layer), berfungsi sebagai pengendalian operasi subnet. masalh desain yang penting adalahmenentukan route  pengiriman packet dari sumber ke tujuannya. desain router dapat berupa statis atau dinamis. masalh pengendalian kemacetan (bottlencek) merupakan tugasnyaa. pada jaringan broudcast, masalah pentuan route hal yang sederhan , lapisan jaringan bisa tidak ada atau diperlukan.
    4. lapisan transport (Transport Layer), fungsi dasarnya adalah menerima data dari lapisan sesi, bila perlu memecahkan data menjadi bagian-bagian terkecil, mejamin seluruh potongan data sampai dengan benar disisi lainnya. tujuan lainnya dalah melindungi seluruh lapisan diatasnyadari perubahan teknologi pragkat keras yang mungkin timbul. bila diperlukan throughput yang lebih tinggi, lapisan transpor dapat membuat hubungan jaringan yang banyak, tetapi dapat juga mengabungkan beberapa hubungan transport kehubungan jaringan yang sama, transport layer juga berfungsi sebagai saluran jenis layanan error-freen point to point. merupakan layer end to end sejati dari sumber ke tujan. transpot juga memiliki tugas sebagai pengendali aliran (flow control).
    5. lapisan sessi (session Layer), mengizinkan para pengguna untuk menetapkan session dia antara mereka. sebuah session digunakan untuk memungkinkan seseorang pengguna melakukan log ke dalam suatu remote time sharing system atau memindahkan suatu file dari satu mesin ke mesin lainnya. jadi fungsinya sebagai pengendali dialog.
    6. lapisan persentasi (persentation Layer), melakukan fungsi-fungsi tertentu yang sering diminta untuk menjamin penemuan sebuah penyelesaina umum bagi masalah tertentu. lapisan persentasi tidak mengizinkan pengguna untuk menyelesaikan sendiri suatu masalh. lapisan persentasi memperhatikan syntax dan semantik informasi yang dikirim. contoh penkodean data.
    7. lapisan aplikasi (Application Layer), fungsinya melayani remote terminal. lapisan aplikasi terdiri dari bermacam-macam protokol yang biasa dipergunakan. diperlukan adanya penentuan terminal virtual jaringan (Network Virtual Terminal) sebelum suatu editor remote digunakan. fungsi lainnya adalah pemindahan file ( biasanya suatu sistemm lain mempunyai konvensi yang berbeda). tugasnya seperti : e-mail, telnet, FTP, WWW, dan lain sebagainya.
    Gambar Referensi Model OSI

    sumber : Winarno Sugeng, Jaringan Komputer dengan TCP/IP

    No comments:

    Post a Comment